Berapa Premi Asuransi Rawat Jalan?

Bisnis

Apakah yang kamu lakukan ketika kebutuhan finansial sudah terpenuhi seluruhnya? Pasti tidak lain adalah kepemilikan asuransi yang menjamin kesehatan dimasa mendatang.

lifepal.co.id

Memang, tidak semua orang menginginkan maupun merencanakan sebuah kecelakaan atau penyakit kronis. Tapi, semua halangan tersebut datang dengan sendirinya tanpa kita ketahui.

Nah, sebagai manusia yang diberikan kelebihan berpikir, disarankan untuk memiliki asuransi kesehatan supaya tidak bingung pada suatu hari nanti. Sehingga, ketika hal yang tidak diinginkan terjadi, kamu sudah memiliki jaminan asuransi guna membiayai pengobatan rawat inap di rumah sakit.

Masalahnya, apakah program asuransi kesehatan hanya menanggung biaya rawat inap saja? Padahal, yang lebih penting, tidak hanya sekedar asuransi kesehatan rawat inap yang menanggung biaya pengobatan, tapi juga menjamin perawatan jalan pada pasien.

Jika dibandingkan dengan biaya rawat inap, sudah pasti biaya rawat jalan tidak begitu besar, sehingga banyak orang menganggap enteng dan enggan mengambilnya. Tapi, ketahuilah bahwa kedua perawatan tersebut memerlukan porsi penanganan dan pelayanan yang sama besarnya.

Pentingnya Asuransi Rawat Jalan untuk Menanggung Perawatan Pasca Kecelakaan

Pada dasarnya, setiap orang ingin segala sesuatunya berjalan lancar. Nah, jika kamu sudah terbiasa dengan beragam produk asuransi, maka tidak perlu ragu untuk bergabung pada program asuransi kesehatan, terutama asuransi rawat jalan. Apa sih yang ditanggung dari asuransi rawat jalan ini?

Pandangan masyarakat secara umum memahami bahwa asuransi rawat jalan hanyalah menanggung biaya yang tidak terlalu besar, misalnya biaya perawatan gigi, kacamata, maupun periksa dokter umum. Padahal, diluar pembiayaan tersebut, asuransi rawat jalan ini juga menanggung perawatan setelah kecelakaan jika memang membutuhkan rawat jalan.

Sekali lagi, kita tidak pernah tahu kapankah musibah akan datang. Namun, tidak ada salahnya untuk selalu waspada guna mendapatkan perlindungan asuransi ketika musibah tersebut datang. Tentu, asuransi yang dipilih harus bisa diandalkan saat dibutuhkan.

Nah, sebelum menentukan jenis asuransi kesehatan khusus rawat jalan mana yang hendak didapatkan, pastikan mengetahui terlebih dulu bagaimana kriteria idealnya yang baik dan menguntungkan. Seperti apakah itu?

Kriteria Asuransi Kesehatan yang Baik

Berikut ini adalah beberapa kriteria asuransi kesehatan yang baik dan perlu kamu perhatikan.

Tidak Perlu Membayar Tunai

Salah satu kriteria dari asuransi kesehatan yang baik adalah tidak perlu membayar tunai ketika dibutuhkan. Jadi, ketika diperlukan untuk membayar biaya kamar, obat-obatan, maupun kebutuhan lain, kamu hanya perlu menunjukkan kartu asruansi yang dimilikinya.

Jadi, pembiayaan rumah sakit bisa langsung teratasi sesuai dengan asuransi yang kamu miliki. Kamu pun tidak usah repot-repot mengambil rupiah asuransi untuk melunasinya.

Jumlah Rumah Sakit Rekanan

Disamping kemudahan berupa kartu asuransi non tunai, kriteria asuransi kesehatan lain sebaiknya memiliki rumah sakit rekanan yang banyak. Dengan kata lain, ketika kamu hendak berobat ke rumah sakit manapun, tetap bisa menggunakan kartu asuransi tersebut.

Sebab, perusahaan asuransi yang baik adalah memiliki rekanan rumah sakit yang banyak, menyebar, dan yang terpenting mudah ditemukan. Jadi tidak sia-sia bukan mengikuti asuransi?

Memiliki Premi dan Plafon Asuransi yang Sesuai

Ketika memiliki sebuah asuransi kesehatan rawat jalan, sebaiknya perhatikan premi dan plafonnya. Sebab, kedua hal tersebut saling berbanding lurus. Semakin tinggi kelas yang dipilih, maka biaya yang dibutuhkan juga makin besar.

Pilih Asuransi Kesehatan Murni

Satu lagi, jenis asuransi akan berpengaruh terhadap besar dana yang harus dikeluarkan untuk mendapatkannya. Salah-salah, jika tidak teliti dalam pemilihannya, dana yang dikeluarkan akan lebih besar. Jadi, pastikan untuk mendaftar pada asuransi kesehatan murni alias bukan unit link ya!

Perawatan Tanpa Limit

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dimasa mendatang, termasuk masalah kesehatan. Nah, untuk menjamin hal tersebut, pilihlah asuransi kesehatan dengan perawatan tanpa limit. Dengan kata lain, biaya perawatan mencakup semuanya. Jadi, pelayanan yang akan kamu peroleh akan jauh lebih baik.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai kriteria asuransi kesehatan rawat jalan yang baik. Sebagai perkiraan biaya premi asuransi rawat jalan yang perlu dibayarkan, kamu bisa cek melalui situs Lifepal khususnya pada layanan asuransi rawat jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *