Cara Meringkas Teks Eksplanasi

Bisnis

Tentu kita sudah tidak asing lagi bukan mendengar kata-kata ekspalanasi? Ya, eksplanasi adalah sebuah teks yang menjelaskan tentang proses bagaimana suatu peristiwa terjadi. Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti kerap kali menggunakan contoh teks eksplanasi ini seperti menerangkan suatu informasi kejadian atau berita yang kita ketahui untuk disampaikan pada orang lain. Dalam menyampaikan sebuah informasi kedapa orang disekitar kita tentu juga disertai dengan penyampaian proses atau kronologinya bukan?

rumusrumus.com

Untuk mendapatkan contoh teks eksplanasi pun sangat mudah ditemukan bisa dikoran, internet, televise dan juga radio. Akan tetapi biasanya teks eksplanasi disajikan dengan jumlah kalimat yang banyak, karena memang teks eksplanasi bertujuan agar pembaca mengerti bagaimana tahapan-tahapan proses yang terjadi pada suatu peristiwa sehingga kadang orang yang kita beri informasi merasa malas. Untuk memudahkan dalam mencerna suatu informasi dalam teks eksplanasi secara to the poin biasanya dilakukan dengan cara meringkas. Nah berikut cara meringkas teks eksplanasi:

  1. Membaca karangan secara menyeluruh

Peringkas perlu membaca keseluruhan dari teks eksplanasi terlebih dahulu agar benar-benar dapat memahami isi dari teks tersebut. Peringkas bisa membaca teks eksplanasi tersebut secara berulang-ulang bisa sebanyak dua atau sampai tiga kali.

  1. Mencari ide pokok pada teks eksplanasi

Setelah membaca secara keseluruhan hal yang kemudian dilakukan adalah mencari ide pokok pada teks eksplanasi. Adapun ide pokok bisa saja ditemukan oleh peringkas di setiap paragraf teks.

  1. Menyusun ide pokok

Setelah kemudian ide pokok ditemukan maka langkah selanjutnya adalah dengan mensyusun ide pokok tersebut menjadi sebuah kalimat-kalimat pendek. Jika dirasa masih belum padat maka jika memungkinkan ringkasan teks eksplanasi tersebut bisa dipadatkan lagi agar lebih jelas dan singkat.

  1. Menceritakan dengan menggunakan kata-kata sendiri

Kemudian di tahap akhir teks eksplanatif yang telah diringkas tersebut bisa diceritakan kembali dengan menggunakan kata-kata sendiri, tetapi tetap diperhatikan meskipun menggunakan kata-kata sendiri tidak boleh mengurangi ataupun menambahi dari ide pokok teks eksplanatif tersebut.

Dengan menggunakan ringkasan untuk menyampaikan contoh teks eksplanatif pada orang lain maka akan memudahkan orang tersebut bisa mencerna apa yang kita sampaikan secara singkat, padat dan jelas. Demikian penjelasan sedikit dari rumusrumus.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *