Perlu Kesadaran Diri untuk Mengobati Gejala Psikomatis

Kesehatan

Ketika kondisi fisik sehat, acapkali muncul gejala yang membuat tubuh tidak nyaman. Misalnya, kepala pusing, kaki sakit, ataupun mual. Dari gejala tersebut makin membuat tubuh Anda m erasa tidak nyaman ketika tidak mengetahui penyebabnya.

erlinahappyplay.com

Jika kondisi ini terjadi kepada Anda, bisa jadi Anda tengah mengalami kondisi psikosomatis, yang merupakan gangguan pada tubuh sebab kondisi psikologis. Kalau sebelumnya sudah terdapat penyakit dan diperparah oleh gangguan emosi, keadaan tersebut disebut sebagai penyakit psikosomatis. Sebanyak 90% penyakit disebabkan oleh faktor psikogenik, dan bukan organik. Jadi, bisa disebut kalau kondisi psikis mempunyai dominasi pada keadaan tubuh. Sedikitnya terdapat 15 emosi penyebab psikosomatis, antara lain konflik diri, memori sakit, masa lalu ataupun masa kini yang tak kunjung selesai, menghukum diri, harga diri yang mengalami sebuah trauma, dan 4 jenis emosi negatif.

Emosi negatif, antara lain, bersalah, malu, marah, dan takut. Rasa marah terdiri atas benci, jengkel, dendam, sakit hati, frustasi, dan tersinggung. Kemudian, rasa malu merupakan emosi destruktif penyebab psikosomatis paling besar. Malu dapat menyulut tiga emosi lainnya. Jika diibaratkan, emosi merupakan api dari berbagai macam pengalaman, yang membakar tungku penuh air. Harusnya uap air hasil pembakaran/pemanasan dapat keluar. Namun, malah tidak terjadi di tungki yang ditutup.

Penjelasannya, tungku yang ditutup, uap air tidak dapat keluar secara sempurna. Akibatnya, uap air tertahan dan bisa memicu tungku pecah karena terlalu panas. Hal yang serupa dengan emosi yang selalu ditahan dan tidak dilepaskan. Kondisi ini tentu saja berbahaya sebab mengakibatkan penderita memilih cara lain, yaitu bunuh diri. Munculnya gejala psikosomatis sebenarnya lebih baik daripada tidak ada gejala apapun. Adanya gejala, maka penyakit akan mudah diketahui dan hipnoterapi dapat segera dilakukan. Nah, therapy psikomatis ini memungkinkan terapis menggali pengalaman masa lalu untuk mencari tahu penyebab psikosomatis. Meskipun demikian, penyembuhan tidak bergantung pada terapis. Penyelesaian ini memerlukan kerjasama dan keinginan klien, terutama untuk membuka masa lalu dalam keadaan lebih rileks (somnambulis).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *