Alasan Kenapa Serial Drama Korea Lebih Digemari Dibanding Sinetron

Hiburan

Pernahkah Anda merasa penasaran mengapa serial drama Korea lebih disukai ketimbang sinetron (sinema elektronik) nasional karya seniman Indonesia? Seperti yang diketahui bahwa mereka yang suka menonton serial seperti ini adalah para wanita. Namun tak begitu dengan K-drama yang ternyata juga banyak disukai oleh penonton pria.

dramamu.net

Apa yang Membedakan Drama Korea dengan Sinetron?

Tua dan muda, penikmat drama Koera selalu setia menunggu kelanjutan episode lanjutan dari cerita yang sedang mereka ikuti. Popularitas dari serial ini bahkan sudak go internasional, terutama untuk pasar penonton Asia. Sementara sinetron, meskipun ada yang sempat tayang hingga ke stasiun TV luar negeri, namun tak sesukses Drama Korea. Lantas apa sebenarnya yang membedakannya?

Alur Cerita

Untuk alur cerita, Anda mungkin baru bisa mengetahuinya jika sudah melihat sendiri kedua macam tayangan bersambung ini. pada serial drama Korea, alur cerita yang dihamparkan lebih beragam, tidak hanya begitu-begitu saja dimana setiap judul memiliki jalan cerita unik dan berkesan. Begitu pula dengan perwatakan yang benar-benar unik dan menunjang suguhan alur yang lebih dramatis. Inilah yang membedakan dari sinetron yang memang masih membutuhkan banyak penyempurnaan.

Pemain

Drama Korea pun terkenal dengan nama-nama aktor dan aktris yang banyak. Drama Korea bahkan sering menjadi ajang memunculkan pemain baru. Entah itu belum terkenal sama sekali atau malah sudah populer sebelumnya, anggota boyband misalnya. Dengan pemain yang selalu segar, drama Korea pun lebih mudah untuk diikuti karena rasa bosan benar-benar ditekan. Penggunaan wajah lama pun seringkali memerankan karakter yang benar-benar fresh.

Jumlah Episode

Tontonan yang sukses tak lantas harus selalu dipertahankan hingga kejar tayang agar punya episode mencapai ratusan atau bahkan ribuan. Drama Korea yang jumlah episodenya di kisaran 16 sampai 25 saja namun alur cerita benar-benar padat dan berasa. Inilah yang membuat para pemirsanya betah karena mereka tidak pernah memikirkan hal lain dan dibuat terfokus pada cerita.

Soundtrack

Apa hubungannya soundtrack dengan kesuksesan sinetron dan K-drama? Ost. K-drama menggunakan lirik yang seakan mengantarkan pendengar ke alur cerita. Jadi seakan-akan pemirsa dibuat terhanyut sejak awal, pertengahan dan akhir. Tentu saja ini menjadi poin penunjang bagi drama Korea.

Demikianlah beberapa hal yang membuat serial drama Korea lebih disukai ketimbang sinetron di TV. Apakah Anda punya pandangan sendiri?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *