Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Informal Anak di Era Digital

Pengetahuan

Pendidikan adalah salah satu hal penting bagi generasi bangsa sebagai bekal dalam menghadapi masa depan yang penuh persaingan terutama di era yang serba digital seperti saat ini. Bila membicarakan tentang pendidikan maka akan selalu dikaitkan dengan sekolah. Memang tidaklah salah bila mengkaitkan sekolah dengan pendidikan karena sekolah merupakan jenis pendidikan formal. Namun selain pendidikan formal masih ada pendidikan nonformal dan pendidikan informal. Ketiga jenis pendidikan tersebut memang memiliki peran yang penting bagi seorang anak. Tetapi pendidikan informalah yang ternyata memberikan banyak pengaruh bagi keberhasilan seorang anak dalam menempuh pendidikan.

Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Informal Anak di Era Digital

Tak bisa dipungkiri di era digital seperti saat ini, orang tua memiliki tantangan yang besar dalam mendidik dan membimbing buah hatinya. Sebab tidak hanya pengaruh lingkungan sekitar saja, media massa juga memberikan pengaruh yang sangat besar bagi pendidikan anak. Bila dilihat dari sisi positifnya, hadirnya kemajuan teknologi dan informasi memberikan kemudahan bagi anak untuk mengakses ilmu pengetahuan. Namun media massa juga tak kalah cepat memberikan pengaruh negatif bagi anak terutama bila digunakan tanpa batasan. Kondisi ini menunut para orang tua untuk memberikan kontrol dan edukasi bagi buah hatinya supaya mereka bisa memakai media massa secara lebih bijak.

Kemudahan akses internet yang ditunjang gadget berteknologi canggih ternyata bisa menjadi sebuah ancaman yang dapat merusak masa depan anak-anak. Orang tua sebaiknya perlu mengetahui serta mengikuti perkembangan teknologi sehingga dapat memberikan pengawasan pada anak-anaknya. Hal ini sangatlah penting karena rasa ingin tahu anak yang sangat tinggi membuat mereka mudah melakukan apapun yang diinginkan. Padahal anak-anak belum tahu batasan dalam menggunakan teknologi dan internet.

Para orangtua juga tidak bisa menyalahkan perkembangan era digital sebab hal tersebut juga merupakan bagian dari edukasi. Ada sisi positif maupun negatif yang harus dipahami oleh setiap orang tua sehingga mereka bisa menjadi benteng bagi anak-anak agar tidak terjerumus pada pengaruh negatif penggunaan teknologi dan internet. Pendidikan dari orang tua serta pengawasan yang diserta kasih sayang dapat memberikan pengaruh yang besar pada anak. Sebab hanya ada satu pilihan yakni kenyamanan dengan orientasi positif sehingga dapat melindungi anak dari pengaruh negatif era digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *